Thursday 5 February 2015

Cara Meningkatkan Pagerank Blog Dengan Cepat


Anda bingung dengan cara bagaimana meningkatkan Pagerank? Di dalam artikel ini ada beberapa solusi dari kebingungan anda. Artikel ini dikutip dari www.astamediagroup.com

Pegerank menjadi penentu nilai jual blog dalam bisnis jual beli link. Anda tentu masih ingat bahwa kualitas link yang diberikan oleh sebuah web berbanding lurus dengan pagerank situs tersebut.
Hal ini berarti semakin tinggi pageranknya, semakin bagus kualitas link yang diberikan, dan semakin tinggi harga link tersebut jika diperjualbelikan.

Bagaimana cara meningkatkan pagerank blog agar nilai jualnya semakin tinggi?
Jawabannya sama dengan cara yang digunakan oleh para advertiser yang rela merogok kocek untuk mendapatkan link ke situs mereka, yaitu mendapatkan backlink berkualitas sebanyak-banyaknya.
Bedanya, mereka mencari dan mendapatkan backlink dengan cara membeli, sedangkan anda menempuh cara untuk mendapatkannya dengan gratis.

Sebelumnya kita perluas maksud dari “link berkualitas”. Ada beberapa kriteria yang lebih spesifik untuk menentukan kualitas sebuah backlink:

  1. Pagerank Situs Pemberi Backlink

    Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, semakin tinggi pagerank situs pemberi backlink, semakin bagus kualitas link tersebut.
     
  2. Kesamaan Topik (Niche)

    Misalnya, Anda memiliki blog tentang mobil balap, backlink dari blog lain yang memiliki topik “Mobil Mewah” atau “Sepeda Balap” jelas akan lebih berkualitas dibandingkan backlink dari blog yang memiliki topik “Resep Masakan”.
     
  3. Penempatan Backlink

    Link yang terletak di tengah-tengah kalimat (misalnya dalam artikel) terkesan lebih alami dan memiliki kualitas yang lebih baik dari pada link yang diletakkan di Blogroll atau sidebar.
     
  4. Jumlah Outbond LinkGoogle juga menghitung  jumlah link keluar (outbond link) dari suatu situs web. Semakin banyak outbond link yang dimiliki sebuah situs, semakin berkurang kualitas dari masing-masing backlink yang diberikan oleh situs tersebut.
***
Kesimpulannya, jika blog Anda mendapat backlink dari situs web yang memiliki pagerank tinggi dan memiliki jumlah outbond link sedikit, memiliki topik yang sama dengan blog anda, serta link tersebut berada di dalam artikel, maka blog Anda mendapat backlink yang sangat berkualitas.

Mendapatkan backlink dari situs web yang memenuhi semua kriteria di atas memang tidak mudah, apalagi mendapatkannya secara gratis. Namun Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk mencari backlink dari situs web yang memenuhi semua kriteria sebagaimana dijelaskan di atas.
Selain 4 kriteria di atas, ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan dalam berburu backlink untuk blog, yaitu atribut dari backlink yang diberikan.

Pada awal tahun 2005, Google menambahkan atribut link baru yang ditujukan untuk mengurangi maraknya komentar-komentar spam. Atribut tersebut adalah atribut nofollow.

Jika sebuah link memiliki atribut nofollow, maka Google tidak akan menghitungnya sebagai referensi  dan tidak akan mempengaruhi pagerank halaman yang menjadi target dari link tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa backlink yang memiliki atribut nofollow tidak memberikan kontribusi dalam meningkatkan pagerank.

Lawan dari nofollow adalah dofollow, karena nofollow adalah atribut sebuah link, maka keberadaannya dapat dilihat dari kode HTML link tersebut.

Berikut adalah contoh kode HTML sederhana sebuah link nofollow:

<a href=http://www.astamediagroup.com  rel=”nofollow”>portal info blog</a>

Jadi untuk melihat apakah sebuah link yang terdapat pada suatu halaman merupakan link nofollow atau dofollow, Anda dapat melihat source code halaman tersebut.

Jika anda menggunakan Firefox, anda dapat memeriksanya dengan melakukan klik kanan pada link yang akan diperiksa kemudian pilih properties. Jika terdapat keterangan Relation: nofollow, maka link tersebut merupakan link yang memiliki atribut nofollow.

Ada cara lain yang lebih mudah jika anda menggunakan Firefox yang telah dipasangi add-ons Search Status. Salah satu fungsi Search Status adalah untuk menganalisis peringkat sebuah halaman yang sedang Anda buka dan menampilkannya dalam bentuk indikator Pagerank, Alexa Rank, dan lain-lain.
Sebenarnya Search Status juga dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan link nofollow dalam suatu halaman situs web. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup dengan melakukan klik kanan pada logo Search Status (logo huruf Q dalam lingkaran) lalu mencentang opsi Highlight Nofollow Links. Fitur ini akan member tanda berupa highlight berwarna merah muda pada setiap link yang memiliki atribut nofollow.

Bagaimana cara meningkatkan pagerank blog? Ada banyak caranya, yang anda butuhkan adalah kesabaran dan ketekunan dalam mencari backlink berkualitas untuk blog anda.

1 comment:

  1. makasih gan jangan lupa kunjung balik ke blog ane http://blogerindra.blogspit.com

    ReplyDelete

Copyright © 2014 HADINES | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top